Torti: Permainan Tradisional dari Betawi

0 69

Torti merupakan permainan untuk mencari teman yang bersembunyi. Rasanya sulit sekali menemukan teman itu. Sebab ketika itu Jakarta masih rada longgar sebagai tempat untuk bermain. Masih ada lapangan, pepohonan, rumah orang Betawi yang terbuka dan berhalaman luas serta belum ada listrik.

Tetapi Torti yang sekarang, anak-anak itu berlarian keluar kampung untuk sembunyi di gang atau di sudut-sudut toko di sisi jalan raya. Sementara teman lainnya mencari mereka yang sembunyi. Kadang tersenyum juga tatkala menyaksikan anak-anak usia sembilan hingga 11 tahun sedang bermain itu.

Di lain waktu ada juga yang bermain jenis yang lain lagi. Ketika itu Sabtu malam di jalan sekitar pemukiman ( proyek Husni Thamrin) di wilayah Kemayoran. Suasana terang,ramai dan berisik.Jalan ini beraspal dan di tepinya antara jarak 10 meter itu ada tiang listrik.

Di masing-masing tiang listrik itu ada lima orang anak lelaki yang saling bergantian dan berjaga pada tiang itu. Mereka satu sama lain saling kejar dan tangkap.Yang tertangkap untuk kemudian akan dibebaskan oleh kawannya. Jika berhasil, anak yang tertangkap itu akan bebas, tapi sebaliknya jika gagal maka yang mencoba akan membebaskan bakal tertangkap juga oleh musuhnya.

Kira-kira begitu seterusnya hingga lima anak pada tiang listrik yang satunya itu tertangkap semua atau sisa satu anak yang bertahan hingga bisa direbut oleh lawannya. Yang merebut tiang listrik itulah yangmenjadi pemenang. Dan, usai sudah permainan itu. Ke 10 anak basah oleh keringat dan tampak senang di wajah mereka.Tentu jenis permainan ini pada masyarakat Jakarta (Betawi) dikenal sebagai permainan Bentengan.

Source https://www.kompasiana.com/www.kompasianan.blogspot.com/torti-sambel-godok-ayam-puti-cewek-montok-bau-terasi_550e84e2a33311c12dba8343 www.kompasiana.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.