Topeng Menor Cipunagara Subang Nyaris Punah

0 42

Topeng Menor Cipunagara merupakan kesenian tradisional kesenian tari dari rumpun topeng yang menyebar di kawasan Pantura yang di daerah Kab. Subang kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan karena sudah tidak lagi ditampilkan para seniman dan seniwatinya hingga nyaris punah.

Topeng Menor, bukanlah sebutan bagi suatu jenis kesenian. Sebutan itu sebenarnya hanya untuk menunjukkan seseorang sebagai penari topeng. Menor adalah nama lain bagi seorang yang bernama Carini. Ia adalah buah perkawinan dari Sutawijaya (ayah) dan Sani (ibu). Sutawijaya adalah dalang wayang kulit dan Sani dalang topeng.

Menor adalah julukan bagi Carini, seorang dalang topeng berdarah Cirebon yang tinggal di Dusun Babakan Bandung, Desa Jati, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang. Sebutan Menor diberikan karena ia adalah satu-satunya anak perempuan dari empat bersaudara keturunan Sutawijaya. Menor adalah nama kesayangan, karena semasa remajanya Carni itu memang menor, alias cantik atau genit.

Mimi Cartini merupakan generasi kelima dari seniman topeng yang mengembangkan kesenian topeng asal Cirebon dan Indramayu dari kakek buyutnya ke daerah Pantura lain. Saat ini keberadaanya sudah sangat memprihatinkan dan jarang dipagelarkan.

Source http://www.pikiran-rakyat.com/seni-budaya/2011/04/10/141157/topeng-menor-cipunagara-merupakan-kesenian-langka http://www.pikiran-rakyat.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.