Topeng Bekasi, Pertunjukan Tradisonal dari Kota Industri

0 53

Berbicara mengenai tari topeng, mungkin ingatan Anda langsung mengarah ke Cirebon. Tetapi, tahukah Anda bahwa Bekasi juga memiliki kesenian yang dinamakan serupa? Ditengah kemajuan dunia industri, tari topeng Bekasi tetap terpelihara dengan baik dan dapat dinikmati hingga sekarang.

Tari topeng Bekasi atau yang biasa disebut dengan istilah Topeng Bekasi merupakan kesenian rakyat yang tetap digemari masyarakat hingga saat ini. Berbeda dengan tari topeng yang berasal dari Cirebon, Topeng Bekasi tergolong dalam jenis teater rakyat. Jadi, ketika menyaksikan Topeng Betawi, Anda tidak hanya disuguhi tarian semata. Kesenian tersebut juga menampilkan unsur lain seperti seni musik, seni vokal, seni peran, dan seni sastra. Pertunjukan khas Bekasi itu juga diselingi acara lawakan yang bersumber dari kehidupan masyarakat kecil.

Pertunjukan Topeng Bekasi selalu dilaksanakan sesuai tata cara yang telah ada. Untuk mengawalinya, dilaksanakan acara pemukulan gong. Prosesi ini tidak dilakukan secara sembarangan. Jika pagelaran dilaksanakan hari Senin, gong ditabuh sebanyak empat kali. Bila dihelat pada hari Selasa, maka gong dipukul sebanyak tiga kali. Jumlah pukulan selalu ditentukan berdasarkan jumlah neptu hari.

Acara kedua dalam pertunjukan Topeng Bekasi adalah tatalu. Tahap ini ditandai dengan alunan bunyi alat musik rebab. Bila Topeng Bekasi dilaksanakan dalam acara keluarga, maka terdapat prosesi yang dinamakan ijab kabul. Tetapi jika digelar dalam acara hiburan, acara ketiga biasanya diisi dengan sambutan-sambutan.

Penampilan para penari topeng dapat disaksikan setelah memasuki prosesi keempat yakni penyajian tari-tarian. Acara ini menyuguhkan tari topeng tunggal. Dalam tarian tersebut penonton dapat melihat tiga karakter berbeda yang dilambangkan dengan tiga bentuk topeng yaitu topeng subadra, kedok satria, dan kedok rahwana. Selain itu, ada pula pementasan Tari Lipet Gandes, Tari Kang Aji, dan Tari Oncom Lele.

Source http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/bekasi/topeng-bekasi-pertunjukan-tradisonal-dari-kota-industri/ http://jakarta.panduanwisata.id
Comments
Loading...