Topeng Banjet, Kesenian Tradisional Karawang Yang Nyaris Dilupakan Masyarakat

0 126

Topeng Banjet merupakan kesenian tradisional khas Kabupaten Karawang yang sangat khas dengan bahasa Sunda yang kasar dan waditra pengiringnya. Penamaan Topeng Banjet menurut sejumlah tokoh pelakunya hanya berupa istilah semata untuk membedakan topeng tradisional dengan topeng berasal dari Indramayu dan Cirebon serta dari Jawa yang mengamen hingga ke pesisir Karawang. Istilah penamaan Topeng Banjet sendiri ada banyak pendapat yang dikemukakan oleh tokohnya. Ada yang mengatakan kalau musik topeng yang mereka mainkan sangat berbeda dengan musik topeng dari Jawa hingga bunyinya seperti suara bancet (sejenis katak) bersahutan. Waditra Topeng Banjet yang sangat khas tersebut ada pada kendang, kecrek, dan gong buyung (gong kecil), tetapi didaerah lainnya, gong yang digunakan berupa gong besar.

Asal Usul Kesenian Topeng Banjet

Pada tahun 1900  Topeng Banjet itu biasa disebut dengan istilah Topeng saja, ditambah dengan nama pemimpinnya yang terkenal, seperti Topeng Korang, Topeng Asmu, dan Topeng ronggengnya Nyi Maya. Penamaan ini di daerah Karawang masih tetap berlaku sampai sekarang, seperti, Topeng Ali, Topeng Pendul, Topeng Baskom, dan sebagainya.

Mengenai kata banjet itu sendiri, menurut sepengetahuan tokoh-tokoh kesenian Topeng Banjet, padamulanya muncul di daerah Cilamaya, Pamanukan dan di daerah pesisir timur lainnya. Penambahan kata banjet kelihatannya memang diperlukan, karena di daerah-daerah tersebut pada masa silam terdapat banyak kelompok-kelompok  Topeng Jawa yang berkeliling (ngamen) ke berbagai pelosok di pedesaan. Bermula dari maksud untuk membedakan topeng yang ada di daerah Karawang dengan Topeng Banjet (untuk penegasan, adakalanya Topeng Karawang ini dinamai juga Topeng Sunda atau Ronggeng Betawi). Pemakaian Topeng Banjet ini juga berlaku di daerah Priangan yang barangkali untuk membedakan dengan Topeng Jawa yang juga pada masa silam sering ngamen ke daerah Priangan terutama pada musim tahun baru Cina.

Kesenian Topeng banjet merupakan bentuk kesenian tradisional dengan jenisnya termasuk seni pertunjukan rakyat atau dapat dimasukkan juga ke dalam bentuk teater tradisional. Lebih khusus lagi kesenian Topeng Banjet dapat didefinisikan sebagai seni pertunjukan rakyat yang diawali lawakan atau pelawak (bodor) dengan Topeng Banjet diteruskan dengan pertunjukan seni drama tradisional.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern kesenian ini juga turut mengalami perubahan. Misalnya saja, meski namanya Topeng Banjet, namun pada saat pementasannya, tidak ada seorang pemain yang menggunakan Topeng. Perubahan lain juga terjadi pada busana yang dipakai oleh para pemain waditra (nayaga). Pada jaman dulu, para nayaga memakai pakaian bebas atau seadanya saja. Namun saat ini, para nayaga sudah menggunakan seragam.

Source Topeng Banjet, Kesenian Tradisional Karawang Yang Nyaris Dilupakan Masyarakat Topeng Banjet, Kesenian Tradisional Karawang Yang Nyaris Dilupakan Masyarakat Topeng Banjet, Kesenian Tradisional Karawang Yang Nyaris Dilupakan Masyarakat

Leave A Reply

Your email address will not be published.