Tonil Seni Drama Tradisional Betawi

0 75

Tonil Seni Drama Tradisional Betawi

Tonil berasal dari bahasa Belanda yaitu “tooneel” yang artinya sandiwara. Tonil merupakan budaya kesenian dari suku Betawi namun jarang sekali diketahui oleh masyarakat itu sendiri di zaman modern ini. Tonil ialah pengembangan dari teater bangsawan yang dipadukan menjadi satu dari jenis kesenian lakon, tari, lawak, dan musik. Seni teater ini mulai muncul dan berkembang pada masa penjajahan Belanda di Indonesia dan menjadi sarana hiburan bagi masyarakat pada saat itu, dikarenakan pementasan Tonil yang dikemas dalam sandiwara atau teater yang tak lepas dari unsur komedi yang kental.

Tonil juga dapat berupa kesenian musik orkes yang memang ditampilkan untuk memeriahkan sebuah perayaan atau acara penting. Pemain tonil mayoritas merupakan laki-laki karena menurut mereka hukumnya haram apabila wanita juga bergabung. Pertunjukkan Tonil biasanya menceritakan mengenai kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sehingga penonton dapat menerima pesan yang ingin disampaikan dengan baik karena sangat dekat dengan apa yang dialami rakyat itu sendiri. Contohnya menceritakan mengenai gotong royong, tolong-menolong, toleransi antar umat beragama, dan banyak lainnya. Sehingga pertunjukkan tersebut tidak hanya sebagai hiburan semata melainkan mengandung unsur pendidikan dan pesan moral yang dapat membangun.

Maka dari itulah, sungguh amat disayangkan apabila salah satu kesenian dari DKI Jakarta ini bila harus punah maupun terlupakan. Budaya seni drama seperti halnya Tonil di Indonesia bisa dibilang tidak begitu banyak, maka sebagai generasi muda sudah sepatutnya untuk melestarikan kesenian drama tradisional Tonil ini.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tonil-Seni-Drama-Tradisional-Betawi/
Comments
Loading...