Terompet Reog, Alat Musik Tradisional Jawa Timur

0 4.061

Terompet Reog

Alat musik tradisional tidak hanya dimiliki oleh daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah saja, Jawa Timur pun juga memilliki beragam alat musik tradisional. Salah satu alat musik tradisional dari Jawa Timur biasa di sebut dengan Terompet Reog.

Di daerah Ponorogo Jawa Timur merupakan asal daerah Terompet Reog. Fungsi dari alat musik ini umumnya dipakai sebagai pengiring saat pertunjukan Reog Ponorogo. Alat musik tradisional tersebut dimainkan dengan cara di tiup karena termasuk dalam jenis alat musik tiup atau aerofon.

Selain berfungsi untuk mengiringi pertunjukan Reog di Ponorogo. Alat musik tradisional Terompet Reog ini ternyata berfungsi sebagai pemanggil arwah Reog, hal ini merupakan pendapat dari masyarakat setempat dan pemikiran yang berkembang di dalam masyarakat tersebut.

Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu serta bambu dan tempurung kelapa, Terompet Reog jika dimainkan, suara yang dihasilkan memiliki ciri spesial dan bunyi yang unik. Ternyata Terompet Reog ini mempunyai 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada dan 1 lubang dipangkal buat meniup. Sehingga dalam memainkannya ada aturan-aturan tersendiri apabila difungsikan untuk mengeluarkan suara nada yang indah dan pas dengan pertunjukan Reog.

Source Terompet Reog Alat Musik Tradisional Jawa Timur musik my style
Comments
Loading...