Terbang Sejak: Kesenian dari Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

0 52

Suatu bentuk kesenian musik yang dimiliki kampung adat dukuh yang berupa vokal dan iringan, dalam ilmu musik barat disebut dengan Kantata. Musik ini merupakan bentuk musik satu bagian pada lagam carang dan bentuk musik satu bagian pada lagam kereup.

Kesenian Terbang Sejak dalam sejarahnya selalu dimainkan dalam proses takbiran dan kegiatan penyambutan ritual keagamaan, lirik, kegiatan ibadah. Terbang Sejak umumnya terdiri dari beberapa orang, tiap irama diikuti lirik lagu yang dinyanyikan isinya tentang keagamaan (islam), puji-pujian kepada Allah SWT juga kepada Nabi Muhammad SAW (sholawatan), dan nyanyi-nyanyian bahasa Sunda yang isinya berupa pepatah dan diiringi oleh terbang (rebana), dog-dog dan lain-lain.

Kesenian ini dilaksanakan pada tanggal 12 maulud yang dilakukan oleh orang-orang tua kampung adat dukuh. Biasanya kesenian ini dipertontonkan saat-saat tertentu, seperti pada syukuran atau pada saat aqiqohan. Terbang Sejak hampir mirip dengan tagonian yang banyak dijumpai di daerah-daerah pusat penyebaran Islam.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/11/kampung-adat-dukuh-garut-jawa-barat/ gpswisataindonesia.wordpress.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.