Tempat Melakukan Tradisi Padusan di Yogyakarta: Umbul Blue Lagoon

0 192

Tempat Melakukan Tradisi Padusan di Yogyakarta: Umbul Blue Lagoon

Di Jogja sendiri ada banyak lokasi yang sering dijadikan penduduk untuk melakukan ritual padusan. Biasanya tempat yang paling ramai dikunjungi adalah tempat yang memiliki air alami seperti tempat-tempat yang sudah dikurasi di bawah ini.

Umbul Blue Lagoon

Selain pantai, sendang atau umbul menjadi alternatif pilihan pengunjung untuk melakukan ritual padusan. Sendang merupakan kolam air yang berasal dari sumber mata air alami, biasanya berada di pegunungan atau perbukitan. Air yang berada di umbul biasanya selalu segar dan jernih karena mengalir terus menerus.

Jogja memiliki banyak kolam air alami, diantaranya adalah Blue Lagoon. Apabila deretan pantai berada jauh di selatan Jogja, Blue Lagoon berada di utara Jogja tepatnya di Widodomartani, Sleman masih berada di sekitar Jalan Kaliurang KM13. Umbul ini merupakan cekungan di tengah sungai alami yang berada di bawah pepohonan rindang. Air disini sangat jernih, berwarna biru kehijauan sehingga anda bisa dengan mudah melihat dasar dari umbul ini yang berkedalaman 2-3 KM.

Di lokasi ini, anda bisa bermain air serta lompat dari bebatuan yang berjejer memutari umbul ini. Anda bisa menyaksikan atrakasi penduduk lokal yang berlompatan dari atas pohon yang sangat tinggi disini bila anda beruntung. Pepohonan yang rindang ini membendung sinar matahari di siang hari sehingga anda tidak perlu khawatir untuk berkunjung di siang bolong.

Pengunjung bisa menyewa pelampung ataupun ban pengaman yang disewakan penduduk sekitar dengan harga Rp5.000. Selain itu tempat ini juga sudah dilengkapi warung kecil dan juga kamar mandi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/ritual-padusan-bermain-air-sambil-menyucikan-diri-menyambut-bulan-suci/
Comments
Loading...