Tempat Melakukan Tradisi Padusan di Yogyakarta: Pantai Parangtritis

0 106

Tempat Melakukan Tradisi Padusan di Yogyakarta: Pantai Parangtritis

Di Jogja sendiri ada banyak lokasi yang sering dijadikan penduduk untuk melakukan ritual padusan. Biasanya tempat yang paling ramai dikunjungi adalah tempat yang memiliki air alami seperti tempat-tempat yang sudah dikurasi di bawah ini.

Pantai Parangtritis

Pantai tetaplah menjadi favorit bagi masyarakat Jogja untuk  melakukan ritual ini. Selain karena ombaknya yang mengasyikkan, ritual padusan di pantai bisa menjadi ajang bagi keluarga untuk melakukan wisata bersama keluarga sambil menikmati kelapa muda serta aneka jajanan kuliner laut. Pengunjung juga bisa sekaligus berburu foto karena di pantai yang berada di sepanjang pantai selatan Jogja terkenal memiliki eksotisme tersendiri.

Pantai Parangtritis yang menjadi ikon wisata pantai di Bantul tercatat memilki pengujung terbanyak ketika mendekati Bulan Ramadhan. Pantai ini terkenal memiliki hamparan pasir yang luas sehingga bisa menampung banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Selain lokasinya yang mudah dijangkau sekitar 40 menit dari pusat kota, fasilitas yang ada di pantai ini bisa dibilang paling lengkap. Mulai dari parkiran yang luas, penginapan pinggir pantai, rumah makan berderet, kamar mandi serta tempat ibadah, kolam kecil untuk anak-anak juga tersedia disini. Selain itu terdapat juga bendi and andong, yakni kereta kuda kecil yang biasa dipakai pengunjung untuk menyusuri pantai. Anda juga dapat menyewa kendaraan ATV (all terrain vehicle) untuk menjelajahi pantai dari ujung ke ujung.

Selain Pantai Parangtritis,  pantai yang sering menjadi incaran pengunjung lainnya adalah Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal. Kedua pantai tersebut berada dalam satu deretan dengan pantai di Gunung Kidul. Sebenarnya masih banyak pantai lain di Jogja, akan tetapi ketiga pantai tersebut merupakan pantai yang paling aman dan ramah untuk bermain air. Apabila anda ingin padusan di pantai, sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan ataupun sore hari, dikarenakan pada siang hari matahari akan sangat menyengat karena tempatnya yang terbuka.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/ritual-padusan-bermain-air-sambil-menyucikan-diri-menyambut-bulan-suci/
Comments
Loading...