Tembang Macapat Pucung

0 680

Tembang Macapat Pucung

Tembang macapat terdiri dari 11 tembang yang masing- masing tembang memiliki arti dan makna masing-masing. Tembang macapat yang paling akhir yaitu Pocung.

Tembang macapat Pucung bisa diartikan pocong atau pengkafanan jenazah. Bisa juga berarti ketika jenazah sudah terbungkus rapi dan siap untuk dikembalikan kepada sang penciptanya.

Tahap terakhir kehidupan manusia ini merupakan sebuah talqin akan datangnya kepastian bernama kematian. Oleh karena itu, hendaknya setiap manusia senantiasa menyiapkan bekal untuk perjalanan panjang di kampung akhirat. Sebab bila kita sudah meninggal kelak tidak ada suatu barang apa pun yang kita bawa baik harta, tahta, rupa dan semacamnya.

Adapun watak tembang macapat pucung yaitu :

Wataknya adalah sembrana parikena. Maksudnya, watak tembang ini menceritakan hal-hal yang ringan, jenaka atau teka-teki. Walaupun, ringan, namun di dalamnya mengandung nasihat-nasihat bijak bagaimana menjalin relasi antara alam, lingkungan, manusia dan Tuhan-Nya. Nasihat tersebut sangat bermanfaat bagi makhluk yang masih hidup. Segala hal yang termasuk di dalam tembang macapat ini memiliki manfaat yang baik untuk makhluk hidup , nasihat-nasihat yang sangat berguna dan penting untuk bekal di kehidupan akhir nanti. Orang yang melakukan suatu hal akan mendapat balasan di akhir nanti.

Source Tembung Macapat Pucung accademicindonesia.com
Comments
Loading...