Tembang Macapat Pangkur

0 1.107

Tembang Macapat Pangkur

Tembang Macapat, terdiri dari 11 tembang yang memiliki arti dan watak masing-masing. Dalam tembang macapat selalu terdapat makna yang menyinggung atau menggambarkan sebuah kehidupan dalam masyarakat. Salah satu tembang macapat ialah Pangkur. Tembang macapat pangkur adalah proses sampainya manusia pada titik keinsyafan atau bahwa manusia itu sudah menyadari suatu kesalahan-kesalahan yang telah ia perbuat.

Pada tembang macapat pangkur ini, manusia perlahan-lahan mulai menyadari diri bahwa ada sebagian organ yang pela-pelan mulai rapuh. Bahkan tidak berfungsi.

Pangkur bisa disamakan dengan kata mungkur yang artinya undur diri.  Pada tahap ini di saat-saat usia senja seperti itu, manusia sudah tidak ingin menuruti hawa nafsunya lagi, kala itu seakan-akan semua yang bersumber dari jasadiyah ingin beralih ke arah spiritual kejiwaan.

Watak dari tembang pangkur yaitu :

Tembang yang sering digunakan oleh orang Jawa sebagai pitutur atau suatu nasihat, pertemanan dan kasih sayang. Pada masa-masa itu nasihat bisa masuk tanpa halangan, tentu saja dengan kasih sayang. Setiap nasihat pasti tujuannya untuk membawa kita ke hal dan perbuatan yang lebih baik daripada hari atau kejadian yang sebelumnya,  tujuan nasihat tersebut agar kita bisa melakukan hal yang baik dan membenahi diri sendiri.

Source Tembang Macapat Pangkur accademicindonesia.com
Comments
Loading...