Tembang Macapat Maskumambang

0 3.642

Maskumambang

Salah satu tembang yang tergolong ke dalam tembang macapat yaitu Maskumambang. Tembang macapat Maskumbang merupakan tembang yang berisikan tentang tahap pertama dalam perjalanan hidup manusia.

Lambang dari Tembang Makumambang yaitu :

-Menceritakan berawalnya ruh ditiupkan di dalam rahim.

-Inilah salah satu anugerah tak terkira.

-Ruh yang ditiupkan Illah adalah ruh-ruh pemenang.

-Yang sebelumnya telah bertarung berbagai ruh untuk mendapatkan kesempatan hidup di dunia.

Arti Tembang Maskumambang

Arti dari tembung : maskumambang berasal dari dua kata yang berbeda yakni mas dan kumambang. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “emas terapung”, tembang macapat sebagai tembang maskentir.

Watak Tembang Maskumambang

Watak dari Tembang Maskumambang yaitu ketidakberdayaan. Maksud dari ketidakberdayaan adalah ruh yang masih di dalam janin belum bisa melakukan aktivitas apapun.

Sedangkan dari segi nasehatnya, tembang macapat maskumambang ini memberikan petuah kepada manusia hendaknya manusia sadar bahwa daya manusia memang kecil.

Itulah hal-hal yang berkaitan dengan tembung maskumambang yang sudah terkenal dan banyak orang yang sudah mengenal tembung tersebut. Selain tembung maskumambang, masih banyak lagi tembung-tembung yang termasuk di dalam tembung macapat. Tembung macapat yang lain juga memiliki watak dan arti tersendiri, setiap tembung pasti memiliki filosofi yang melatarbelakainya. Sebagai generasi penerus marilah kita selalu melestarikan tembung tradisional kita.

Source Tembang Macapat Makumambang academik indonesia.com
Comments
Loading...