Tembang Macapat Dhandanggula

0 899

Tembang Macapat Dhandanggula

Tembang macapat Dhandang Gula  menggambarkan atau mencerminkan seorang pemuda memiliki sebuah harapan. Harapan itu tentu saja yang akan membuat hatinya gembira.

Suatu proses untuk mencapai kebahagiaan itulah setiap manusia harus melakukan laku prihatin. Artinya, setiap harapan yang ingin diraih memerlukan pengorbanan yang lebih. Sehingga apabila akan meraih suatu keinginan jangan malas untuk selalu berusaha. Karena hasil tidak akan membohongi seberapa besar usaha yang telah di lakukan.

 

Arti Tembang Macapat Dhandang Gula

Adapun arti dari tembang macapat ini yaitu :

Mengarah pada suatu dhandang untuk masak air. Bukan itu. Dhandang merupakan kata Jawa yang berarti gegadhangan yang maknanya yaitu cita-cita.

Makna yang lainnya yaitu burung gagak. Pada penyebaran yang di percaya oleh Jawa, burung gagak merupakan burung yang bila datang ia membawa kabar duka.

Sedangkan gula adalah makanan sehari-hari yang rasanya manis. Sehingga dalam tembang macapat ini makna gula adalah  hidup yang indah, manis dan bahagia. Seseorang akan selalu mendambakan hidup yang bahagia dan indah.

Watak Tembang Dhandang Gula

Tembang Macapat Dhandang gula mengajarkan kepada anak adam bahwa sedih bahagia itu seperti roda yang bergiliran menunggu waktunya.

Sedangkan untuk watak luwes, tambang ini juga mempunyai watak yang senang, indah dan sangat cocok. Sehingga hal tersebut saling melengkapi, intinya adanya suatu kebahagiaan dalam suatu kehidupan.

Source Tembang Macapat Dhandang Gula accademicindonesia.com
Comments
Loading...