Tembang Macapat Kesenian Asli Bondowoso

0 282

Kesenian asli macapat merupakan salah satu bentuk puisi tradisional dalam kesustraan Jawa, menggunakan bahasa Jawa, diciptakan oleh masyarakat tradisional yang digolongkan ke dalam karya sastra Jawa Klasik.

Kesenian macapat ini berkembang berkembang di Kabupaten Bondowoso merupakan hasil dari perpaduan antara budaya Madura dengan budaya Jawa. Unsur budaya Madura yang terkandung dalam kesenian macapat dapat dilihat dari bahasa yang digunakan yaitu bahasa Madura, karena masyarakat Bondowoso mayoritas berasal dari suku Madura. Sedangkan budaya Jawa yang dipakai yaitu jenis tembang yang biasanya digunakan dalam  tembang Jawa,  meskipun ada sebagian  jenis tembang yang memiliki nama yang berbeda, namun pada dasarnya isi dan kandungan tembang masih sama. Perpaduan kebudayaan tersebut menyebabkan kesenian macapat di Kabupaten Bondowoso memiliki ciri dan kekhasan tersendiri, namun tidak lepas dari bentuk aslinnya.

Perkembangan kesenian macapat di Kabupaten Bondowoso tidak terlepas dari peranan dan pengaruh dari orang – orang Madura yang melakukan migrasi ke pantai utara pulau Jawa bagian Timur, khususnya di Kabupaten Bondowoso. Unsur budaya yang disebarkan orang Madura di Kabupaten Bondowoso misalnya bahasa dan kesenian. Selain itu migrasi orang Madura dapat berpengaruh terhadap perkembangan budaya dan pola pemukiman. Para migrant Madura membawa bahasa ke tempat baru dan mengembangkan seni, seni tradisional dari daerah asalnya. Oleh karena itu, sampai sekarang masyarakat yang ada di Bondowoso mayoritas menggunakan bahasa Madura sebagai alat  komunikasi sehari – hari.

Dalam perkembangannya kesenian macapat dijadikan sebagai salah satu bentuk ungkapan seni yang pada akhirnya ikut serta dalam upacara, upacara adat, misalnya : selamatan tujuh bulan usia kehamilan, kelahiran, khitanan, perkawinan, rokat ( ruwatan ), dan tolak bala.

Source http://rickynth.blogspot.co.id http://rickynth.blogspot.co.id/2016/03/tembang-macapat-bondowoso.html
Comments
Loading...