Tema dan Makna Filosofi Tari Gandrung

0 371

Tema dan Makna Filosofi Tari Gandrung

Tari Gandrung adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Karena asalnya tersebut, tarian ini juga kerap dinamai tari Gandrung Banyuwangi. Tari tradisional satu ini pada awalnya merupakan sebuah ritual yang ditujukan untuk mengungkapkan kekaguman masyarakat Banyuwangi pada Dewi Sri, seorang dewi yang dalam mitologi Hindu Jawa Kuno dianggap sebagai Dewi Padi atau Dewi kesejahteraan yang telah memberikan hasil panen berlimpah pada masyarakat. Terlepas dari mitos tersebut, tari Gandrung kini telah dianggap mewakili kebudayaan Banyuwangi sehingga tak heran bila kemudian tarian ini menjadi ikon pariwisata unggulan dari kabupaten yang terletak di ujung Timur pulau Jawa ini.

Tema dan Makna Filosofi

Di awal kemunculannya, tari Gandrung memang dianggap tarian sakral yang sarat makna filosofis sama seperti Tari Remo. Ia dianggap sebagai pengejawantahan rasa syukur masyarakat atas segala berkah dan karunia yang diberikan Tuhan. Tak heran bila kemudian di masa silam tarian ini lebih sering digelar dalam acara-acara adat seperti sedekah bumi atau pesta panen. Seiring dengan bergesernya nilai-nilai Hindu di kehidupan masyarakat Banyuwangi, tari Gandrung kini lebih dianggap sebagai sarana hiburan semata. Oleh karenanya, dalam beragam acara kerakyatan, seperti khitan, pernikahan, acara resmi, atau acara tidak resmi, tarian ini sekarang juga kerap dipertunjukan.

Source http://adat-tradisional.blogspot.com/ http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/11/tari-gandrung-banyuwangi-gerakan.html
Comments
Loading...