Tekongan, Permainan Tradisional Jawa Tengah

0 723

Tekongan Permainan Tradisional Jawa Tengah

Tekongan adalah permainan yang murah meriah karena tak perlu mengeluarkan budget khusus, selain itu permainan ini sudah banyak di kenal oleh anak-anak di daerah Jawa khususnya di Jawa Tengah. Tekongan hanya membutuhkan keuletan dan kemampuan berlari yang cukup gesit para pemainnya.

Permainan tradisional Tekongan adalah permainan warisan leluhur, tepatnya di daerah Klaten, Jawa Tengah. Aturan permainannya mirip dengan petak umpet, hanya saja medianya berbeda.

Ciri bermain tekongan ini yaitu:
  • Pertama pemain tekongan minimal dua orang. Tapi kalau pemainnya dua orang saja sepertinya kurang seru. Semakin banyak yang bermain maka akan semakin seru.
  • Bermainlah tekongan di tanah lapang. Siapkan pecahan genteng atau yang disebut dengan wingko. Masing-masing pemain harus punya satu wingko.
  • Selanjutnya, buatlah lingkaran di tanah sebagai pusat permainan. Barulah setelah itu, masing-masing pemain melemparkan wingko ke arah lingkaran yang telah dibuat tadi.
  • Pemain yang jarak wingkonya paling jauh dari lingkaran, ialah yang menjadi penjaga.
Aturan permainan ini yaitu :
  • Para pemain yang tidak menjadi penjaga harus bersembunyi secepatnya selama penjaga menata wingko secara vertikal, tepat di tengah lingkaran.
  • Setelah penjaga selesai menata wingko, maka ia harus mencari pemain-pemain yang bersembunyi.
  • Apabila ia menemukan salah seorang pemain yang bersembunyi, maka ia harus memekikkan kata “tekong” dengan diikuti nama pemain.
  • Tidak berhenti sampai disitu, penjaga harus berlari menuju lingkaran tempat wingko ditumpuk disertai dengan teriakan “gong”, tanda bahwa ia telah menyentuh lingkaran.

Itulah salah satu permainan yang terkenal dan menjadi turun temurun dari generasi sebelumnya yang berada di Jawa Tengah selain permainan tadi masih banyak lagi permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak di daerah setempat.

Source Tekongan Permainan Tradisional Jawa Tengah poros bumi
Comments
Loading...