Tata Rias dan Tata BusanaTari Bondan

0 133

Tata Rias dan Tata BusanaTari Bondan

Tari Bondan adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Tarian ini termasuk tarian klasik yang telah ada sejak lama. Tidak diketahui bagaimana asal mula sejarah kemunculannya tapi yang jelas, tarian ini sekarang sangat populer karena dianggap mewakili kehidupan wanita Jawa pada umumnya.
Tari Bondan banyak dipelajari di sanggar-sanggar tari yang ada di sekitar Jawa Tengah. Bahkan beberapa tahun terakhir, tarian ini juga menjadi salah satu bagian ekstrakulikuler yang dipelajar di sekolah-sekolah. Penasaran seperti apa keunikan dari tarian tradisional ini? Simak pemaparan sejarah, makna filosofis, ragam gerak, iringan musik, serta aturan-aturan dalam hal kostum dan properti yang wajib ada pada tari Bondan secara lengkap pada pembahasan berikut!
Tata Rias dan Tata Busana
Riasan dan kostum yang dikenakan para penari Bondan berupa pakaian adat Jawa yang terdiri dari atasan kemben atau kebaya, bawahan kain batik, selendang, benting, serta sanggul yang dirias dengan konde. Kostum dan riasan ini adalah kostum dan riasan sederhana yang dahulu memang umum digunakan oleh para gadis desa.
Source http://indo2art.blogspot.com/ http://indo2art.blogspot.com/2016/11/tari-bondan-asal-surakarta-sejarah.html
Comments
Loading...