Tata Rias dan Busana Penari Jaipong

0 1.613

Tata Rias dan Busana Penari Jaipong

Tari Jaipong atau yang kerap disebut Tari Jaipongan, sebenarnya merupakan tari kreasi baru yang diciptakan oleh seniman asal Karawang yaitu H. Suanda. Tarian tradisional yang merupakan gabungan dari beberapa elemen kesenian sunda seperti ketuk tilu, topeng bancet, pencak silat, dan wayang golek ini baru mulai muncul di dunia seni pada tahun 1976.

Baru setelah itu, tari Jaipong semakin dikenal luas dan semakin banyak disukai oleh kalangan masyarakat Sunda, bahkan seluruh masyarakat Nusantara pada umumnya. Tari Jaipong, pada dasarnya tidak mengusung tema atau makna filosofis tertentu, melainkan seluruh gerakannya adalah menjadi hiburan semata.

Keluwesan penari Jaipong dalam menggerakkan tubuh serta memainkan selendang sesuai irama kendang menjadi sebuah daya tarik tersendiri dari tarian tradisional Jawa Barat ini. Tarian Jaipong sangat terkenal dengan gerakan tariannya yang lenggak-lenggok senada dengan iringan musiknya.

Tata Rias dan Busana

Busana dan kostum yang sering digunakan oleh para penari Jaipng sangatlah beragam. Sebenarnya tidak ada patokan khusus, hanya saja terdapat 2 busana utama, yaitu sinjang dan apok. Sinjang adalah kain panjang yang dipakai oleh penari sebagai bawahan.

Sedangkan apok adalah kebaya dengan tepi yang dihiasi dengan pernik. Selain sinjang dan apok, penari Jaipng biasa dipercantik dengan sanggul atau dengan mahkota.

Source https://rpsgblist.org/ https://rpsgblist.org/sejarah-dan-asal-tari-jaipong/
Comments
Loading...