Tarian Topeng Dinaan

0 256

Tarian Topeng Dinaan

Adalah jenis Ibing (tari) Topeng yang menyebar di Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Jawa Barat. Pertunjukkannya sehari suntuk (sedina/sadinten). Tarian ini sebagai pelengkap setelah upacara Babarit, Topeng Dinaan pun di pertunjukkan pada acara selamatan, khitanan, pernikahan bahkan pada pesta kenegaraaan atau hari-hari penting lainnya. Sebagai penunjang dan tontonan di berbagai tradisi yang di selenggarakan.

Dalam Topeng Dinaan disajikan tari topeng watak yang terdiri dari:

-Tari Topeng Panji,

Tarian yang satu ini melambangkan manusia yang berkelakuan baik, bersih seperti bayi baru lahir. Tari Topeng Panji berwatak Lungguh (tenang),sehingga tidak ada watak yang sangar atau ganas

-Tari Topeng Pamindo,

Tarian ini melambangkan orang beranjak remaja, berwatak Ganjen (lincah);

-Tari Topeng Rumiang baru beranjak akan dewasa, berwatak agak ganjen ,

-Tari Topeng Tumenggung,

Melambangkan orang yang sudah dewasa, berwatak mapan (mempunyai keyakinan);Sudah tidak lagi seperti bayi yang baru lahir perwatakannya

-Tari Topeng Kalana

Melambangkan orang yang sudah mempunyai waktu, berwatak garang.Sehingga lebih tegas di bandingkan perwatakan tarian yang lainnya.

Untuk memperpanjang waktu pagelaran, pertunjukannya diselingi oleh Bodor (lawakan) dengan Ibing Topeng Bodor, yang kadang-kadang pula disertai oleh Nayaga uang muncul di pentas dan pada saat ini penari utama beristirahat.Adapun pengertian dari Tari Topeng Bodornya yaitu Pentul (laki-laki) dan Nyo (wanita) yang muncul pada adegan terpisah. Pada Tari Tumenggung disertai oleh Tari Jingga anom yang bersifat agak jenaka,sehingga cocok untuk menghibur para penonton.

 

Source Tarian Topeng Dinaan astyulianti
Comments
Loading...