Tarian Lenggang Cisadane Dari Tangerang, Banten

0 27

Tarian Lenggang Cisadane Dari Tangerang, Banten

Tari lenggang cisadane merupakan salah satu kebudayaan di kota tangerang. Dari beberapa budaya di tangerang seperti Gambang Kromong, Lenong, dan Barongsai yang sudah sangat sudah lama berada namun tarian tersebut sangatlah baru diciptakan.

Tarian tersebut diciptakan dan baru disahkan pada tahun 2011 oleh Dinas Pemuda, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar). Lenggang cisadane diciptakan oleh salah satu seniman yang terdapat pada kota tersebut. Maka dari itu tarian ini  asli khas budaya tangerang dikarenakan budaya tarian yang lain bukanlah asli dari kota tangerang dan merupakan bawaan dari daerah yang berbeda dan bahkan kebanyakan dari budaya Tionghoa seperti gambang kromong dan barongsai.

Tari lenggang cisadane diciptakan oleh M. Yunus Sanusi yang setiap harinya beprofesi sebagai guru seni dan budaya. Beliau membuat tarian tersebut dengan alasan bahwa semakin menurunnya nilai lokal budaya pada remaja, lebih khusus kepada para siswa. Beliau juga menerapkan tarian tersebut kepada setiap siswa di sanggar tarinya.

Tarian lenggang cisadane terdapat empat unsur kebudayaan didalamnya, adapun budaya Sunda, China, Jawa, Betawi. Dikarenakan bertumbuhnya keragaman budaya yang terdapat pada kota tangerang. Maka dalam tarian tersebut kita dapat melihat unsur Tari Jaipong, Tari Jali-jali, dan kecerian penari pada Tarian China, bersatu menjadi satu kesatuan yang sangatlah indah.

Source https://liveintangerang.wordpress.com/ https://liveintangerang.wordpress.com/2014/11/09/tarian-lenggang-cisadane/

Leave A Reply

Your email address will not be published.