Tarian Kuda Lumping Jawa Timur

0 1.114

Tarian Kuda Lumping Jawa Timur

Tari Ebeg atau Tari Kuda Lumping adalah tari yang biasa menggunakan boneka kuda. Tarian ini tidak menunjukan tarian pada umumnya seperti tarian yang lemah gemulai. Tarian ini tidak usah belajar, hanya melenggak lenggok mengikuti alur musik. Ada beberapa syarat yang harus disediakan selama pertunjukkan ini seperti sesaji dan menyan. Hal ini diharuskan karena para penari kemungkinan akan kerasukan makhluk halus dan memakan barang sekitar.

 

 

Musik yang melatar belakangi tarian ini adalah gamelan banyumasan, bendhe dan gendhing. Kuda Lumping merupakan sebuah tarian menggunakan properti kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu serta ditunggangi oleh seorang penari yang dirasuki kekuatan ghaib. Dalam penampilannya, biasanya tarian ini diiringi oleh alat musik tradisional seperti slompret. Tari ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Kuda Lumping punya beragam sebutan dari tiap-tiap daerah, misalnya Jawa Barat disebut dengan Kuda Lumping, Jaranan Buto dari Banyuwangi, Jaran Kepang dari Surabaya, Jaranan Turonggo Yakso dari Trenggalek, Jathilan Hamengkubuwono dari  Jawa Tengah dan Jaranan Sang Hyang dari Bali. Kuda Lumping adalah seni tari yang sudah ada sejak zaman kerajaan Hindu berkembang di Indonesia.

Pada masa itu, tarian adalah sarana penting dalam setiap upacara yang lekat dengan spiritualitas dan juga sarana berkomunikasi dengan arwah para leluhur. Oleh karena itu, Kuda Lumping merupakan salah satu contoh bentuk kesenian budaya kuno yang didalamnya mengandung kekuatan magis. Dalam pertunjukan Kuda Lumping, bagian yang paling mencuri perhatian penonton adalah saat salah satu atau beberapa penari kerasukan roh yang diyakini sebagai arwah nenek moyang.

Dalam adegan ini, akan diperagakan hal-hal diluar nalar yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Biasanya, penari yang kerasukan akan memiliki kekebalan fisik, seperti kebal terhadap pukulan musuh atau benda keras, goresan senjata tajam, bahkan yang sering kita tahu seperti makan beling dan silet.

 

Source Tarian Kuda Lumping Jawa Timur good newa from indonesia
Comments
Loading...