Tari Yapong

0 635

Tari Yapong

Siapa yang belum mengenal tari Yapong? Tarian Yapong ini dikenal berasal dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pada awalnya, tari Yapong dipertunjukkan dalam rangka mempersiapkan acara ulang tahun kota Jakarta ke-450 pada tahun 1977. Pada saat itu, Dinas Kebudayaan DKI mempersiapkan sebuah acara pagelaran tari massal dengan mengangkat cerita perjuangan Pangeran Jayakarta.

Pagelaran berbentuk sendratari ini dipercayakan kepada Bagong Kussudiarjo untuk menyelenggarakan acara tersebut. Dan akhirnya acara tersebut sukses menampilkan pagelaran sendra tari Yapong yang didukung oleh 300 orang artis dan musikus.Tari Yapong merupakan tari kreasi baru yang berlatang belakang akulturasi budaya tradisional. Tai Yapong ini merupakan tari yang gembira dengan gerakan yang dinamis dan eksotis.

Dalam gerakan tarian Yapong diperlihatkan suasana yang gembira karena menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta. Adegan tersebut dinamai Yapong dan tidak mengandung arti apapun. Istilah tersebut muncul dari lagunya yang berbunyi ya, ya, ya, ya yang dinyanyikan oleh penyanyi pengiringnya serta suara musik yang terdengar pong, pong, pong, sehingga lahirlah “ya-pong” yang semakin lama berkembang menjadi Yapong.

Gerakan dalam Tari Yapong ini merupakan gerakan yang sederhana namun sangat dinamis. Dengan bertumpu pada gerakan kaki, tangan dan pinggul. Penari menari dengan ekspresi gembira dengan memainkan tangan dan kaki secara bergantian, dan pinggul yang mengikuti gerakan tersebut. Gerakan dalam tarian ini sangat bervariatif, Karena Tari Yapong merupakan tarian kontemporer. Sehingga banyak kreasi gerakan di setiap pertunjukannya  agar terlihat menarik.

Tari Yapong ini di iringi oleh iringan musik tradisional Betawi seperti rebana biangrebana hadroh dan rebana ketempring. Namun seiring dengan perkembangannya, Tari Yapong juga di iringi oleh alat music gamelan yang menghasilkan irama yang bersemangat, sehingga sesuai dengan gerakan dari Tari Yapong. Busana yang di gunakan dalam Tari Yapong  ini hampir sama dengan tari topeng Betawi. Busana yang di gunakan biasanya berwarna terang dengan tambahan kain.

 

Source Tari Yapong negeriku indonesia bhinika tunggal ika
Comments
Loading...