Tari Wayang Jawa Barat

0 1.251

Tari Wayang Jawa Barat

Tari wayang yaitu tari mulai dikenal masyarakat pada masa kesultanan Cirebon pada abad ke-16 oleh Syekh Syarif Hidayatullah, yang kemudian disebarkan oleh seniman keliling yang datang ke daerah Sumedang, Garut, Bogor, Bandung dan Tasikmalaya. Berdasarkan segi penyajiannya tari wayang dikelompokkan menjadi 3 bagian antara lain :

  1. Tari Tunggal yaitu tarian yang dibawakan oleh satu orang penari dengan membawakan satu tokoh pewayangan. Contoh : Tari Arjuna, Gatotkaca,dan sebagainya.
  2. Tari berpasangan, yaitu tarian yang dibawakan oleh dua orang penari atau lebih yang keduanya saling melengkapi keutuhan tariannya, contoh : Tari Sugriwa, Subali .
  3. Tari Massal yang berjumlah lebih dari satu penari dengan tarian atau ungkapan yang sama. Contoh : Tari Monggawa, Badaya.

Tari Wayang sendiri merupakan salah satu tarian yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian ini mempunyai beberapa gerakan dan juga hal yang sangat menarik untuk disaksikan oleh berbagai orang yang ada pada daerah itu sendiri/orang lain yang datang berkunjung ke daerah tersebut untuk sekedar melihat tarian tersebut.

Tariini pada dasarnya sangat kental dengan berbagai adat yang ada pada daerah Jawa Barat, hal ini disebabkan oleh masih banyak warga masyarakat umum Jawa Barat yang melakukan berbagai upacara adat ataupun ritual – ritual dengan menggunakan beberapa tarian yang ada pada daerah Jawa Barat, sehingga beberapa tari yang ada di sini sangat – sangat identik dengan semua hal tersebut.

Source Tari Wayang Jawa Barat ujiansma.com
Comments
Loading...