Tari Topeng Babakan Jawa Barat

0 372

Tari Topeng Babakan Jawa Barat

Tarian Topeng Babakan merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat . Tarian ini memiliki daya tarik lewat gerakan yang di tampilkan .

Tarian ini sering kali digunakan dalam upacara dan ritual-ritual sehingga memiliki kandungan mistis di dalamnya. Tarian ini  juga di gunakan oleh warga sekitar sebagai ajang tontonan dan hiburan.

TARI TOPENG BABAKAN Adalah pertunjukan jenis kesenian topeng yang ditanggap oleh seseorang hanya untuk macam Tarian Topeng tertentu (Perbabak). Tarian ini tepatnya berada di Daerah  Cirebon

Dalam pertunjukkannya satu Tarian Topeng itu berarti Satu Babak, Dua Tarian Topeng berarti Dua Babak.  Biasanya yang paling di senangi adalah Tari Topeng Kalana yang gagah, yang juga memiliki ciri-ciri kedoknya berwarna merah, dengan penampilan yang garang atau beringas.

Waktu pementasan  mungkin saja juga dibubuhi dengan Tari Topeng Bodor. Umpamanya Tari Topeng Kalana itu adalah menggambarkan Rahwana yang murka dan Gandrung, maka Panakawannya adalah Togog.

Pada tarian ini menceritakan  seorang raja yang sedang kasmaran, mabuk kepayang, merindukan Dewi Sinta. Togog oleh Rahwana dirangkul, sebab pandangan Rahwana dihadapannya adalah Dewi Sinta. Di sinilah para penonton tertawa tergelak-gelak, melihat adegan yang lucu tersebut. Sehingga banyak dari penonton yang merasa terhibur akan tarian  yang dipentaskan ini.

 

Source Tari Topeng Babakan Jawa Barat ujiansma.com
Comments
Loading...