Tari Topeng Cisalak

0 455

Tari Topeng Cisalak

Topeng Cisalak ini merupakan tarian yang memiliki kategori kondo wetan. Tarian ini  merupakan salah satu jenis kesenian masyarakat Sunda. Topeng Kinang Putra yang berada di Kampung Curug, Desa Cisalak Kecamatan Cimanggis Kabupaten DT II Bogor merupakan salah satu contoh topeng Cisalak yang legendaris.

Perkumpulan topeng ini dipimpin oleh Dalih bin Djiun. Perkumpulan topeng lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi, Jakarta, Tangerang dan lain sebagainya merupakan turunan atau pecahan dari kelompok Topeng Kinang Putra. Sehingga tidak semua tarian asli dari asalnya ,banyak dari tarian yang berasal dari turunan sebab hal tersebut merupakan bentuk kesempurnaan dari suatu tarian dari zaman ke zaman yang semakin maju.

Alat-alat yang di gunakan dalam pementasan tarian Topeng Cisalak ialah :

-Rebab atau sulung,

-Kendang,

-Terbang,

-Kromong,

-Kecrak.

Lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu priangan. Selain menyajikan lagu topeng ini juga menampilkan berbagai lakon. Lakon tersebut di antaranya ialah lawakan dan drama rumah tangga.

Banyak orang mengatakan  Topeng Cisalak dikatakan juga sebagai Topeng Betawi tapi tidak berarti kesenian ini berasal dari Betawi (DKI Jakarta). Kesenian ini merupakan sebagian dari khazanah kesenian masyarakat Sunda Jawa Barat. Hanya karena daerah pementasan dan bahasa yang digunakan adalah bahasa dan dialek Betawi maka disebut Topeng Betawi. Tarian ini juga dipentaskan untuk masyarakat setempat dan juga masyarakat umum lainnya. Tari ini merupakan tari topeng di mana tari topeng itu memiliki macam-macam tarian.

 

Source Tari Topeng Cisalak astyulianti
Comments
Loading...