Tari Thuk Thuk Bruk Madiun

0 106

Tari Thuk Thuk Bruk

Saat kita membahas tarian yang berasal dari Madiun, yang terlintas pada pikiran sebagian besar dari kita adalah Tari Dongkrek. Namun, selain itu ada tarian yang masih belum banyak diketahui yang juga berasal dari Madiun tepatnya dari Dusun Gondosuli, Desa Kare, Kabupaten Madiun. Tari Tuk Thuk Bruk, namanya. Tarian ini memiliki persamaan dengan Tari Dongkrek, yaitu memiliki cerita yang berhubungan dengan makhluk halus pada asal-usulnya.

Dikisahkan pada tahun 70an terdapat pagebluk atau wabah yang konon disebabkan oleh makhluk halus. Penduduk yang akan terkena wabah akan ditandai dengan cap tangan berwarna merah darah pada rumahnya. Tokoh sesepuh yang bernama Bapak Yatimin mengajak penduduk untuk kemudian patroli keliling di sekitar desa dengan membunyikan kentongan yang berbunyi “thuk thuk” dan sebuah rinjing (bakul besar terbuat dari anyaman bambu) yang dijatuhkan berbunyi “bruk” dengan maksud mengusir makhuk-makhluk halus yang dianggap sebagai penyebab wabah.

Pada tahun 80an muncullah tarian bernama “Thuk Thuk Bruk” yang berasal dari gabungan bunyi kentongan dan rinjing yaitu “thuk thuk” dan “bruk”. Kedua alat ini juga digunakan sebagai alat musik pengiring Tari Thuk Thuk Bruk, ditambah dengan alat-alat lain seperti tampah (wadah berbentuk bundar dan lebar terbuat dari anyaman bambu), celurit, dan cangkul yang saling dibunyikan.

Selain itu, tarian ini memiliki ciri khas yaitu penari yang menggunakan kaos tangan berwarna merah sebagai lambang cap tangan berwarna merah yang menjadi tanda kematian salah satu penduduk. Walaupun melambangkan sosok makhluk halus, para penari dirias dengan sangat cantik dan rupawan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Thuk-Thuk-Bruk/
Comments
Loading...