Tari Tanjung Katung

0 208

Tari Tanjung Katung

Keragaman negara Indonesia sudah banyak diakui oleh bangsa lain dan terlihat dari berbagai macam suku bangsa yang tinggal dan berkembang sejak dahulu. Luas wilayah Indonesia yang sangat luas dengan bentuk kepulauannya menjadikan berbagai macam dan ragam suku saling memiliki kebiasaan yang berbeda beda.

Namun dengan banyaknya suku tersebut bangsa Indonesia masih mampu bersatu dan berdiri sampai sekarang ini. Salah satu suku yang memiliki kebudayaan khas dan selalu menjadi daya tarik bagi orang diluarnya adalah suku melayu. Suku melayu merupakan kelompok suku bangsa dengan jumlah populasi nomer 8 terbanyak di Indonesia.

Menurut wikipedia, Suku melayu adalah sebuah kelompok etnis dari orang-orang Austronesia terutama yang menghuni Semenanjung Malaya, Sumatra bagian timur, bagian selatan Thailand, pantai selatan Burma, pulau Singapura, Borneo pesisir termasuk brunei. Luasnya wilayah cakupan ini menjadikan suku melayu merupakan suku yang tersebar di negara Indonesia, Malaysia, Brunei, SIngapura, dan Thailand.

Rumpun Melayu sendiri memiliki kesenian yang sangat kaya, mulai dari musik hingga tari. Berbagai kesenian tersebut menjadi warisan budaya yang memperkaya tatanan budaya di Indonesia. Salah satu tarian yang berasal dari rumpun Melayu adalah tari tanjung katung.

Tari Lagu Dua atau dikenal juga sebagai tari Tanjung Katung. Merupakan tarian yang ditarikan di berbagai daerah rumpun melayu. Tari ini memilki gerakan yang khas, yakni gerakannya menggunakan langkah dua atau berganda.

Source https://ilmuseni.com https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/tari-tanjung-katung
Comments
Loading...