Tari Tani Melati: Tarian Tradisional Pemalang

0 44

Tari Tani Melati: Tarian Tradisional Pemalang

Tari adalah salah satu bentuk kesenian yang memiliki media ungkap ataupun substansi gerak yang berbentuk ekspresif. Dikatakan sebagai gerak ekspresif karena gerak dari tari-tarian tersebut merupakan gerak yang indah yang dapat menggetarkan perasaan manusia. Pada umumnya, gerak yang terdapat pada tari-tarian tersebut bukanlah gerak realistis yang dilakukan oleh manusia pada kehidupan sehari-harinya. Sedangkan yang dimaksud dengan Tradisional adalah suatu adat kebiasaan yang sifatnya turun temurun, berulang-ulang dari satu generasi ke generasi berikutnya dan mengandung nilai-nilai atau norma-norma yang mengikat bagi masyarakatnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Tarian Tradisional adalah Tarian yang tumbuh dan berkembang dalam suatu daerah atau komunitas yang menciptakan suatu identitias budaya dari masyarakat yang bersangkutan.

Banyak daerah berlomba-lomba menciptakan seni tari tradisional guna mencerminkan kekhasan daerahnya tersebut sesuai dengan seni budaya Indonesia yang ada, salah satunya yaitu daerah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kabupaten Pemalang merupakan daerah yang mempunyai potensi dibidang seni tradisional khususnya dalam bidang seni tari tradisi. Tari tradisi diartikan sebagai sebuah tari yang dilakukan oleh komunitas secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Salah satu tari tradisional dari Pemalang adalah Tari Tani.

Tari Tani Melati ini merupakan gambaran masyarakat aktivitas petani pesisir pantai utara Jawa (pantura) terutama di desa Kaliprau, beranjak, bergegas, berangkat ke ladang untuk memetik, menyortir, serta meronce bunga Melati.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/11/tarian-tradisional-pemalang/

Leave A Reply

Your email address will not be published.