Tari Srikandi Cakil

0 1.571

Tari Srikandi Cakil

Srikandi Cakil adalah tari yang berasal dari Surakarta. Tari yang dibawakan penari putra dan putri ini berlatar belakang dari wayang “Srikandi Meguru Manah”. Digarap dalam bentuk yang menggambarkan prajurit wanita berperang melawan raksasa (Cakil). Tokoh ini asli dari Jawa. Perangnya sendiri disebabkan karena Srikandi menolak Prabu Jungkung Mardeya. Tarian ini berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah.

Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Cakil diutus oleh Prabu Jungkung Mardeya dari Palanggubarja untuk memboyong seorang prajurit wanita yang bernama Dewi Wara Srikandhi yang akan dijadikan istri Prabu Jungkung Mardeya. Di tengah perjalanan Cakil bertemu dengan Srikandhi. Namun, Cakil belum tau kalau sebenarnya wanita yang ditemuinya itu adalah Dewi Wara Srikandhi.

Setelah terjadi dialog antara keduanya, Cakil terkejut karena ternyata wanita yang ada di hadapannya adalah Dewi Wara Srikandhi yang dicarinya. Dalam dialog itu, Cakil menyampaikan pesan dari prabunya untuk memboyong Dewi Wara Srikandhi. Karena Srikandhi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya, maka Cakil berusaha memboyong Srikandhi secara paksa sehingga terjadi peperangan antara keduanya dan akhirnya Cakil kalah oleh panah sakti Srikandhi yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.

Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending. Selain itu penari juga harus bisa antawecana dan nembang dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki.

Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan. Baik pada saat srisig maupun pada saat perang. Kain samparan tersebut tidak boleh terinjak. Kondisi fisik yang prima serta olah nafas yang baik mutlak diperlukan pada tarian ini. Sebagai tarian karakter, pemain Srikandi tidak hanya pandai menari akan tetapi juga harus mampu dan paham betul iringannya.

Source Tari Srikandi Cakil Tari Srikandi Cakil
Comments
Loading...