Tari Sangego Tangerang

0 89

Tari Sangego

Kota Tangerang adalah wilayah administratif yang baru dibentuk pada tahun 1993 dan dulunya Tangerang adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat sebelum terbentuknya Provinsi Banten. Kebudayaan di Banten dan khususnya Kota Tangerang memang tergolong baru bermunculan ciri khasnya pada tahun 2000 an karena sebelumnya banyak mengadaptasi budaya Betawi dan Sunda.

Tari Sangego adalah salah satu tari yang berasal dari Kota Tangerang. Tarian ini adalah tari ciptaan tim guru kesenian Kota Tangerang. Tari Sangego diciptakan pada dasarnya agar Kota Tangerang bisa menunjukan karya daerahnya. Nama Sangego sendiri berasal dari sebuah nama jembatan di Kota Tangerang yang menghubungkan beragam kegiatan, budaya, etnis di Kota Tangerang.

Filosofi jembatan ini diartikan karena kemajemukan masyarakat Kota Tangerang dipisahkan Sungai Cisadane. Jadi, Sangego lah yang menghubungkan kemajemukan itu. Gerakan tari Sangego mengisahkan kegiatan sehari-hari masyarakat Kota Tangerang. Salah satu gerakan itu ialah gerakan mengambil air di Sungai yang sangat jelas gerakannya.

Penari Sangego biasanya terdiri diri lima orang wanita. Kostum tari Sangego berwarna kuning yang merupakan warna ciri khas dari Kota Tangerang. Selain itu, penari juga mengenakan aksesoris di kepalanya. Musik pengiring tarian ini ialah berupa dentuman gamelan yang orisinil.

Tari Sangego adalah karya orisinil Kota Tangerang. Tari Sangego menambah kekayaan tari Kota Tangerang seperti tari Lenggang Cisadane yang sudah ada sebelumnya. Walau tari Sangego adalah tari kreasi di waktu kini, tetapi tari ini kelak menjadi tari tradisional Kota Tangerang di waktu nanti.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Sangego/
Comments
Loading...