Tari Sampiung Tarian Masyarakat Jawa Barat

0 446

Tari Sampiung adalah tarian yang berasal dari Jawa Barat, zaman dulu biasanya tarian ini dipentaskan ketika menyambut Seren taun, ngaruat, pesta panen dan rebo wekasan, bahkan terkadang acara kepemerintahan RI.

Tari Sampiung dan tari samping ada kemiripan tapi tari sampiung bukanlah tari samping. Nama sampiung diambil dari sebuah judul lagu zaman dulu. Asal mula nama Tari Sampiung karena lagu pengiringnya berjudul Sampiung. Kadang disebut juga Tari Ngekngek, karena waditra pengiringnya adalah Tarawangsa (alat Gesek, seperti Rebab) yang biasa disebut Ngekngek.

Sebagian orang menyebutnya Tari Jentreng, karena salah satu waditra pengiringnya adalah Jentreng, yaitu alat petik berupa kacapi dengan ukuran kecil, yang juga biasa dipinjam namanya untuk nama tarian yang ditampilkan. Jumlah penarinya tidak disyaratkan, kostum yang digunakan pun kostum sederhana yaitu kebaya, sinjang dan selendang, rambut dikondekan.

Pertunjukan tarian ini penari mengelilingi para penabuh dengan tidak meninggalkan ciri tarian tradisional didepan para pemain pengiring terdapat sesajen serta pedupaan. Sesajen sendiri merupakan bagian dari pertunjukan tari dari sisi lain manusia.

Source Tari Sampiung Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat Tari Sampiung
Comments
Loading...