Tari Salipuk Nganjuk

0 604

Tari Salipuk Nganjuk

Tari Salipuk adalah tarian asli dari Kota Nganjuk, tarian ini ditarikan oleh sepasang muda mudi yang berarti tarian pergaulan Tari Salipuk adalah pengembangan dari Tari Tayub yang sebelumnya sudah ada di Nganjuk, Tari ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang berawal dari pengamen yang bernama Salipuk, pekerjaan setiap hari adalah berkeliling kampung untuk menghibur orang sambil membawa kendang. Orang-orang sangat menyukai hiburan yang diberikan oleh Salipuk, sehingga dia sering dipanggil ke kampung-kampung untuk menghibur orang.

Lalu dia akhirnya mengembangkannya menjadi tari yang berpasangan. Sampai saat ini tari Salipuk masih banyak ditarikan pada acara-acara tertentu seperti acara resmi, acara perkawinan atau pada saat upacara adat. Meskipun tarian ini hanya melibatkan dua orang, tetapi atraksi tari ini membutuhkan tempat yang luas karena gerakannya sangat dinamis dan penarinya harus berlari kesana-kemari. Tari Salipuk menggunakan iringan musik tradisional Jawa dengan tembang khusus yang liriknya sesuai dengan jalan cerita tarian.

Tari salepok ini sebenarnya sudah lahir sejak indonesia masih dalam penjajahan belanda yang ciptakan oleh pengamen yang bernama salepok, dan ini adalah pekerjaan setiap harinya, berkeliling kampung untuk menghibur semua masyarakat dengan bermodalkan gendang untuk mengiringinya menari. Orang-orang sangat menyukai hiburan yang diberikan oleh Salipuk, banyak orang yang mengundangnya untuk menarikan tariannya.

Tari salepok ini berasal dari kecamatan Baron, Nganjuk.tari salepok ini di perankan berpasangan laki laki dan perempuan. Tari Salipuk adalah Tari Tayub yang dikembangkan yang sebelumnya sudah ada di Nganjuk. Seni tari ini menonjolkan keindahan dan kelembutan para penari dalam setiap gerakan yang di tampilkan. Tari ini cocok di perankan oleh semua kalangan, tapi yang sangat cocok untuk menampilkan tari salepok ini adalah anak SMA. Karena tari salepok ini bertemakan pergaulan dan percintaan antara sepasang kekasih.

Kostum yang di pakai dalam menarikan tari salepok adalah memakai baju kemben, memakai sempur, dan make-upnya alisnya dibentuk mangot dan pengot, memberi celak, memberi bayangan mata, memberi pemerah pipi, memberi aisedo, memberi pemerah bibir, diatas kemben memakai lulur, memakai sanggul tengkuk, membawa sintingan mawar di kepala masing-masing 2 buah, menggunakan perhiasan dan aksesoris khas lainnya, agar penari perempuan wajahnya terlihat fresh.

 

Source Tari Salipuk Nganjuk Kasih Unjuk Nganjuk
Comments
Loading...