Tari Ronggeng Ibing Sunda

0 148

Tari Ronggeng Ibing

Ronggeng adalah salah satu kesenian tradisional masyarakat Sunda yang berkembang di Jawa Barat bagian tenggara, khususnya di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Dalam Ronggeng Ibing Sunda, beberapa penari perempuan diiringi musik gamelan dan kawih-kawih (lagu-lagu) Sunda. Kawih-kawih Sunda sebagai pengiring tari Ibing Sunda, juga mengalami perkembangan dengan banyak diciptakan kawih-kawih baru.

Ketika memulai pertunjukan, mula-mula para nayaga atau pemusik akan memainkan musik-musik pembuka. Segmen ini, biasa disebut tatalu. Sementara segmen tatalu ini, para sinden dan penari merias diri mereka sendiri. Busana yang digunakan, kata dia, masih sesuai pakem, yakni pakaian kebaya serta rambut disanggul.

Pada segmen selanjutnya, sinden mendendangkan kawih pembuka, yakni Kidung Pangrajah, Kembang Gadung. Kemudian, tampil juru ibing, atau penari ke depan membawakan tarian pembuka atau disebut ibing bubuka. Pada segmen ini, penyelenggara hajat akan ditarik ke depan untuk menari.

Kemudian bagian ketiganya, khusus menari bersama dengan pejabat pemerintah, dan bagian terakhir menari semua atau umum. Kadang, saat acara menari suka ada yang ingin belajar menari langsung praktek saat acara itu juga.

Source https://budaya-indoneshttps://budaya-indonesia.orgia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Ronggeng-Ibing/
Comments
Loading...