Tari Reog Kendang

0 326

Tari Reog Kendang

Reog Tulungagung merupakan sebutan bagi Tari Reog Kendang, tari tradisional yang berkembang di daerah Tulunggagung dan sekitarnya. Di latarbelakangi dari kata kendang, para pemain reog kendang membawa alat yang serupa dengan kendang atau Tam-Tam  (kendang kecil yang digendong).
Tidak hanya daerah di Jawa Timur yang memiliki tarian yang satu ini,tetapi daerah lain juga memiliki kesamaan dengan tarian tersebut  antara lain :
-Reog dogdog / benjang dari Sunda,
-Reog Cemandi dari Sidoarjo
-Reog bulkio dari Blitar.

 

Asal muasalnya  Reog Kendang menceritakan kisah tentang perjalanan para mantan Gemblak mencari jati diri. Karena perkembangan zaman, banyak versi cerita yang di gunakan dalam pementasan. Banyaknya para Gemblak dari kadipaten Sumoroto yang mencari jati diri ke kota tulungagung pada zaman kolonial belanda untuk berkerja sebagai penambang batu marmer dan petani cengkih hal tersebut ialah yang di ceritakan pada tarian ini.
Reog kendang bernama tabuhan kendang. Sebab pada perkembangan zaman, Tabuhan kendang di gabungkan  menjadi satu dengan Reog Kadiri (saat ini bernama Jaranan) yang merupakan sebuah hiburan rakyat pada waktu itu. Para Gemblak adalah mantan pemain Reyog Ponorogo, maka dinamakanlah Reog Kendang yang khas dan tercipta di kota Tulungagung. Tarian ini menjadi kesenian daerah tersebut.
Source Tari Reog Kendang tradisikita
Comments
Loading...