Tari Remo

0 272

Tari Remo

Tari Remo, yaitu salah satu tari yang berasal dari Kota Surabaya, Jawa Timur. Tari ini merupakan tari yang sering di gunakan/ di tampilkan untuk upacara penyambutan selamat datang untuk tamu pada acara tertentu.

Tari ini memiliki tari yang dinamis dan luwes diiringi oleh iringan gending yang sangat seirama yang menggambarkan keberanian seorang pangeran dan karakter seorang  penduduk yang ada di Surabaya.

Pada pementasannya, tari ini di iringi dengan lantunan gamelan dan geding. Diantaranya seperti saron, bonang, gambang, gendang, slenthem, zitten, kethuk, kenong, kempul, gong dan seruling.

Pada dasarnya tari ini biasanya ditampilkan sebagai tarian pembukaan Seni Ludruk. Penarinya mengunakan 3 (tiga) jenis kostum yaitu Sawunggaling (gaya Surabaya), bagian atas berwarna hitam yang menghadirkan pakaian abad ke 18, celana bludru hitam dengan hiasan emas dan batik. Sehingga tarian ini bisa di padukan dengan tari yang lainnya. Tarian Remo dipromosikan sekitar tahun 1900, yang kemudian dilanjutkan dan dimanfaatkan oleh para Nasionalis Indonesia untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Sehingga kegiatan dan pelaksanaan masih di laksanakan disetiap ada tamu yang berkunjung dan datang ke daerah ini.

 

Source Tari Remo wisata surabaya
Comments
Loading...