Tari Prawiroguno

0 6.035

Tari Prawiroguno

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keseniannya. Salah satunya adalah kesenian tari. Dulu kesenian tari pada jaman penjajahan mulai mengalami kemunduran yang dipicu suasana peperangan dan penjajahan. Namun, kini kesenian tari di Indonesia sudah berkembang dan masih terpelihara dengan baik.

Setelah Indonesia merdeka, fungsi seni tari dalam masyarakat mulai berjalan kembali. Seni tari kembali digunakan sebagai upacara adat dan upacara keagamaan. Seni tari sebagai hiburan juga terus berkembang. Sekarang sudah mulai banyak sekolah-sekolah dan tempat kursus yang mengajarkan seni tari sebagai salah satu mata pelajarannya. Mulai banyak penggemar seni tari modern seperti dansa, tari balet, break dance di Indonesia.

Dulu, kesenian tari hanya di tampilkan untuk acara – acara penting seperti penyambutan tamu raja, perkawinan dan penobatan raja. Tari Prawiroguno adalah salah satu tari yang terinspirasi dari perjuangan rakyat pada zaman penjajahan. Tari ini berasal dari Boyolali, Jawa Tengah.

Tarian ini mengandung kisah ketika para penjajah yang hampir mengalami kemunduran, dan situasi saat itu dijadikan ide untuk membuat sebuah tarian yang sekarang kita sebut Tari Prawiroguno. Tarian ini memiliki tema peperangan, dan gerakan para penari bak seorang prajurit membawa pedang/samurai dengan tameng berlenggok-lenggok seakan sedang bersiap-siap menyerang musuh. Tari Prawiroguno bertema heroik yang berarti kepahlawanan


Ragam Tari

  1. Maju beksan
  2. beksan
  3. sekaran
  4. perangan
  5. sekaran
  6. mundur beksan

Gendhing

  1. Lancaran
  2. Ladrang
  3. Lancaran
  4. Ladrang
  5. Lancaran

Kriteria Tari

  • WIRAGA : Wiraga berarti gerak seluruh anggota badan yg selaras
  • WIRAMA: Wirama merupakan aspek tari yang berkaitan dengan irama atau iringan
  • WIRASA: Wirasa merupakan penghayatan terhadap sebuah tarian.
Source Tari Prawiroguno visit central java
Comments
Loading...