Tari Orek Orek Khas Rembang

0 163

Tari Orek Orek Khas Rembang

Orek-orek merupakan kesenian tradisional, berupa tarian yang merupakan perpaduan antara gerak tari dan nyanyian yang diiringi tetabuhan yang cara memukulnya salah satunya dengan dikorek. Mengikuti pola/bentuk teater, orek-orek merupakan tontonan yang diselingi gerak, tari, nyanyi dan kemudian pesan dapat disampaikan melalui tembang.
Pemain orek-orek ini terdiri dari putera dan puteri berjumlah antara 4-10 orang penari sekaligus pemain/pendukung cerita (dengan menyesuaikan panggung yang tersedia, dan ini belum termasuk pengiring/pengrawit). Adapun pengiring/pangrawit berupa gamelan yang dipakai laras slendro, tetapi tidak selengkap gamelan slendro yang ada. Gamelan tersebut biasanya disebut gamelan “ thuk-brul “ (bhs. Jawa gathuk gabrul), yang terdiri dari Bonang Barung, Saron Penerus, Kendhang, Kempul, Gong, Keprak/Kecrek dan Drum. Kemudian dalam perkembangannya, maka perlengkapan/ peralatan iringan mengalami penambahan-penambahan seperti :
– Seruling
– Kenthongan
– Terompet dll.
Pakaian/ kostum
Kostum pemain orek-orek sama dengan kethoprak atau disesuaikan cerita yang dibawakan untuk putera, dan khusus untuk puteri memakai pakaian sama dengan pakaian gambyong tari Jawa.
Source http://rembangkreatif.blogspot.co.id http://rembangkreatif.blogspot.co.id/2012/06/orek-orek-khas-rembang.html
Comments
Loading...