Tari Mundong Sukoharjo

0 149

Tari Mundong

Indonesia merupakan negara dengan beraneka ragam budaya. Salah satunya adalah Tarian. Nah, kali ini saya akan membahas salah satu tarian khas salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Sukoharjo.

Tari Mundong, itulah nama tarian tersebut. Kata Mundong merupakan kepanjangan dari Jamu Gendong, yang merupakan ciri khas daerah Sukoharjo. Ya, Sukoharjo dikenal masyarakat dengan julukan Kota Jamu. Di daerah tersebut, banyak sekali ditemukan produsen jamu tradisional. Bahkan di Pasar Tradisional Kecamatan Nguter, kamu dapat menemukan berbagai macam ramuan jamu tradisional.

Tari Mundong dibawakan oleh beberapa penari perempuan dalam jumlah ganjil, umumnya lima atau sembilan orang penari. Ciri khas dari tari ini adalah aksesoris, yaitu bakul jamu yang dibawa oleh penari wanita. Karena menceritakan tentang penjual jamu tradisional, maka bakul jamu tersebut adalah hal yang wajib dibawa untuk menginterpretasikan si penjual jamu.

Seperti lazimnya tarian khas jawa, para penari menggunakan pakaian adat jawa berupa kebaya dan kemben. Tarian ini juga diiiringi oleh gamelan jawa dan nyanyian jawa yang menambah kekhasan tarian jawa didalamnya.

Tari Mundong diawali dengan para penari memasuki panggung, lalu membawakan tarian dengan berdiri. Setelah itu, para penari meletakkan bakul jamu yang dibawa dan dilanjutkan dengan menari di posisi duduk. Bahkan dalam beberapa segmen, para penari menduduki bakul jamu tersebut sambil melanjutkan menari. Tidak dapat dipungkiri, peran bakul jamu disini sangatlah sentral.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Mundong/
Comments
Loading...