budayajawa.id

Tari Lengger Pagilaran Batang

0 51

Tari Lengger Pagilaran Batang

Kabupaten Batang memiliki berbagai macam kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, antara lain; Sintren, Lengger, Lomban, Nyadran, dan sebagainya. Seiring perkembangan jaman yang serba modern kesenian yang ada di Batang mulai surut. Hal ini disebabkan karena kurangnya pihak-pihak yang mampu mengemas kesenian yang ada di Kabupaten Batang.

Namun, ternyata kita masih bisa menjumpai budaya khas yang masih dilestarikan dengan baik oleh masyarakat setempat di kabupaten Batang. Ini dia TARI LENGGER. Pertunjukan ini ada di area perkebunan Pagilaran, biasanya tarian ini diadakan setiap ada acara hari besar, seperti penyambutan Tahun Baru Masehi.

Mitos Tari Lengger Menurut info, Tari Lengger mengisahkan tentang pertemuan Raden Panji Asmarabangun dengan Dewi Candra Kirana: atraksi tarian sangat menarik, ada penari naik kendi dan ada yang disunggi di bahu sambil menari dengan senang dan gembira, tarian ini dilengkapi dengan sesajian dan dibacakan mantra-mantra oleh sesepuh.

Tari Lengger Pagilaran Batang Indonesia Kesenian tradisional ini menggunakan gamelan sebagai alat musiknya dan diikuti penari wanita (lengger) yang biasa ditampilkan pada acara hajatan / peresmian sebagai penyambutan tamu. Mungkin jika disangkut pautkan, mengapa tarian ini diadakan ketika hari besar, karena saat hari besar semacam pergantian tahun itu, banyak wisatawan yang datang berlibur ke Perkebunan Pagilaran, sehingga warga setempat mengadakan pertunjukan Tari lengger sebagai ajang penyambutan tamu.

Source http://archive.itoday.co.id http://archive.itoday.co.id/sosial-budaya/kultur/tari-lengger-pagilaran-batang-indonesia
Comments
Loading...