Tari Kridadjati, Tarian Tradisonal Khas Jepara

0 260

Merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Jepara juga dikenal sebagai kota kelahiran tokoh perempuan di Indonesia R.A. Kartini, sebagai pusat produksi mebel dengan ukiran-ukiran khasnya serta pusat produksi kain tenun “Tenun Troso”-nya.

Tari  Kridhajati  diciptakan  pada  tahun  2006  oleh  Endang  Murtining Rahayu, seniman asal Jepara yang mempunyai basik seniman STSI Surakarta. Tari  Kridhajati adalah ”Karya yang terbuat dari kayu jati”, menceritakan tentang kegiatan seorang seniman ukir Jepara dalam menciptakan   karyanya.

Tarian ini merupakan tarian tradisional warga Jepara dalam melakukan aktivitas dibidang kesenian khususnya yaitu seni ukir khas Kota Jepara. Dalam tarian ini mengandung unsur dan ungkapan jiwa yang estetis, penuh dinamika, kesenangan, penuh semangat dalam berkarya, dan keindahan.  Tarian ini biasanya dipentaskan ketika ulang tahun hari jadi Kota Jepara setiap tahunnya.

Source http://www.kawankurniatour.com http://www.kawankurniatour.com/2016/07/6-acara-seni-budaya-tradisional-jepara.html
Comments
Loading...