Tari Kinang Kilaras Betawi

0 159

Tari Kinang Kilaras

Tari Kinang Kilaras adalah tarian tradisional yang berasal dari Betawi, Jakarta. Tarian ini menceritakan sebagaimana bahagianya wanita-wanita elok Betawi yang masih digambarkan di daerah Jakarta hingga saat ini. Kata Kinang Kilaras sendiri berasal dari dua kata yaitu kinang yang berarti nama tokoh betawi (mak kinang) dan kilaras yang berarti selaras.

Tarian ini menggunakan iringan musik yang diambil dari lagu Petik Kelapa. Lagu tersebut kemudian diaransemen oleh Sudaryana yang merupakan seorang sarjana karawitan dengan warna komposisi musik kromong yang kuat.

Tarian ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2002 di pasar tonton, lalu berkembang sebagai bentuk apresiasi masyarakat. Tarian ini tentunya belum lama menjadi tarian tradisional Indonesia, namun tarian ini sudah cukup banyak dikembangkan di berbagai daerah di Nusantara.

Pijakan dalam tarian Kinang kilaras ini dikembangkan dari campuran gerakan tarian topeng dan cokek. Beberapa ragam gerak yang dikembangkan diantaranya adalah gerak kewer, selancar, pablang, blontur, silat, dan goyang pinggul (goyang cendol dan goyang plastik). Peralatan yang digunakan dalam atarian ini adalah selendang yang digunakan secara gemulai di dalam tarian.

Kostum yang digunakan antara lain siger, tusuk konde, bunga posisi berdiri, hiasan, dan anting untuk bagian kepala. Sedangkan untuk bagian badan digunakan modifikasi toka-toka, kebaya, ikat pinggang, amprok, dan selendang. Sedangkan bagian bawahan tarian ini menggunakan kain betawi.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tari-Kinang-Kilaras/
Comments
Loading...