Tari Kidang Sunda

0 1.476

Tari Kidang Sunda

Ciri khas Tari Kidang yaitu gerak yang indah dan lincah menyimbolkan tingkah laku kidang, gerakan tersebut menggambarkan suasana perburuan. Dalam tarian tersebut selain gerak, Tari Kidang juga memiliki ciri khas dalam penataan busana dan tata riasnya yang hampir menyamai bentuk kidang. Hal ini sesuai dengan tema tarinya. Selain menyerupai binatang kidang, busana ini juga enak dipandang dan tidak mengganggu gerak tari. Tari ini berasal dari Sunda , Jawa Barat.

Tata rias yang digunakan disesuaikan dengan karakter tari Kidang yang lincah. Selain itu, karena tari Kidang menggambarkan tingkah laku binatang kidang, maka untuk penataan alisnya dibuat seperti tanduk kidang. Selain itu, pada iringan tarian ini bila didengarkan, terdengar lincah dan dinamis sesuai dengan karakter tarinya.

Keindahan Tari Kidang memiliki keindahan yang sangat unik. Apakah keunikan tari Kidang? Gerak-gerak yang indah dan lincah menyimbolkan tingkah laku kidang sehingga kelihatan unik. Selain gerak, keunikan pada tari Kidang juga terlihat dari penataan busananya yang hampir menyamai bentuk kidang. Selain itu tarian ini diiringi dengan banyak jenis alat musik sehingga lebih menarik lagi. Semua keindahan tari Kidang ini terbagi menjadi 4 unsur, di antaranya ada gerak tari, busana tari, tata rias tari, dan iringan tari. Tari Kidang merupakan tari bertema binatang yang berkarakter lincah dan gembira.

Di zaman sekarang kebanyakan remaja tidak peduli dengan kebudayaannya masing-masing termasuk tari Kidang khas Jawa Barat ini. Mereka lebih memilih mempelajari tarian modern (Modern Dance), bahkan bergaya hidup ke barat-baratan. Padahal bila sampai kebudayaan kita hilang,kita sudah tidak mempunyai ciri khas tersendiri dari daerah tersebut.

Di samping kurangnya kesadaran dari kita, kita juga kurang peduli dengan kebudayaan yang kita punya. Padahal kalau kita kembangkan serta melestarikannya kita akan menjadi bangsa yang penuh warna. Kita sudah memiliki ragam budaya,bahasa . Tetapi mengapa kita tidak sadar akan itu semua. Dalam usaha memperkokoh ketahanan bangsa Indonesia dengan kebudayaan daerah.

 

Source Tari Kidang Sunda BELAJAR BERSAMA PAK GURU
Comments
Loading...