“Tari Kencar-Kencar” Tarian Yang Mengisahkan Pembangunan Kota Karanganyar

0 99
Sekilas Tarian Kencar – Kencar

Kabupaten Karanganyar ternyata menyimpan tarian unik tradisional tersendiri. Tarian tersebut dinamakan dengan tarian Kencar- Kencar. Tarian Kencar merupakan tarian yang mengisahkan pembangunan Kabupaten Karanganyar yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Adipura karena kebersihan kotanya yang terjaga. Tarian Kencar-Kencar sendiri merupakan salah satu karya cipta dari Bupati Karanganyar yaitu Rina Iriani Sri Ratnaningsih.

IMG_909

Tarian berdurasi 15 menit tersebut diiringi musik lesung dari Padepokan Lesung Nusantara. Ciri khasnya rancak, bersemangat, dihiasi dengan atraksi tari yang dinamis, para gadis cantik yang memeragakan gerakan bersih-bersih dengan sapu dan tong sampah dari bambu. Tarian ini biasanya dipentaskan secara berkelompok secara serentak. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam acara pertunjukan Adipura Kota Surakarta, Festival Kesenian.

Source "Tari Kencar-Kencar" Tarian Yang Mengisahkan Pembangunan Kota Karanganyar "Tari Kencar-Kencar" Tarian Yang Mengisahkan Pembangunan Kota Karanganyar
Comments
Loading...