Tari Kembang Bekasi: Tarian Tradisional Bekasi Jawa Barat

0 139

Tari Kembang Bekasi: Tarian Tradisional Bekasi Jawa Barat

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industry, kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang.

Kota bekasi juga mempunyai adat istiadat dan kesenian yang beragam. Salah satu kesenian yang ada di Bekasi adalah tari kembang bekasi. 

Tari Kembang Bekasi

Tari Kembang Bekasi merupakan kesenian asli yang berasal dari kota yang di juluki patriot tersebut, tari kembang bekasi diperkenalkan pada 2010. kembang Bekasi sepintas mirip Tari Ronggeng namun tarian ini memiliki gerakan yang lebih rumit, karena tarian ini menggunakan properti 3 buah topeng yang di pakai bergantian.
Tari ini memilki gerakan dan musik yang lebih cepat dari tari ronggeng, sang penari menggunakan kostum celana pangsi yang dipadu kain sebagai bawahan. Sedangkan penghias kepala seperti aksesori putri Tiongkok. hal ini tidak terlepas dari kebudayaan China, yang mewarnai Bekasi di masa lampau.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/02/22/tarian-tradisional-bekasi-jawa-barat/
Comments
Loading...