Tari Karonsih Jawa Timur

0 236

Tari Karonsih Jawa Timur

Tari Karonsih merupakan salah satu tarian yang berasal dari Jawa Timur sendiri, dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian tersebut mempunyai suatu hal dan juga makna yang berbeda antara satu gerakan dengan gerakan yang lainnya, sehingga pada jenis-jenis tarian tertentu ada yang sangat terkenal pada kalangannya sendiri, ada juga yang kurang terkenal kerena beberapa gerakan yang belum pernah terlihat atau terkesan kaku sama sekali. Dalam hal ini sendiri tarian merupakan sesuatu yang bisa disebut dengan seni, karena seperti yang kita tahu bahwa tarian ini memperlihatkan beberapa hal yang sangat identik dengan keindahan dari beberapa gerakan yang dibuatnya beserta dengan hal yang lain juga.

Tari Karonsih merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Jawa Timur sendiri, dimana tarian ini sendiri merupakan tarian yang dibuat dari kisah asmara dua sejoli antara putrid Galuh Candra Kirana dengan kekasihnya yang bernama Panji Asamara Bangun. Galuh sendiri merupakan putrid dari kerajaan Kertamata asal Kediri dan Panji sendiri merupakan putra dari Prabu Lembu Amiluhur raja Jenggala sendiri. Tarian ini sering digunakan atau dimainkan pada acara resepsi pernikahan, yang seolah-olah percintaan kedua mempelai bagaikan cinta kaih mereka berdua.

Tarian tradisional ini juga merupakan tari tradisional yang harus kita lestarikan, dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian-tarian yang ada pada Negara Indonesia pada zaman sekarang pun sudah mulai memudar dan kurang adanya penampilan dari beberapa daerah tersebut karena banyaknya pemuda-pemudi yang sudah tidak bisa lagi melakukan budaya atau tarian dari daerah mereka masing-masing sendiri, bukankah hal tersebut sendiri merupakan hal yang memalukan khususnya bagi Negara kita sendiri yang merupakan Negara yang mempunyai banyak sekali budaya yang ada dan juga warisan yang tidak ada habis-habisnya. Jadi sebagai generasi muda kita harus senantiasa menjaga semua tari yang ada pada daerah mereka masing-masing.

Source http://ujiansma.com http://ujiansma.com/tari-karonsih-jawa-timur
Comments
Loading...