Tari Jlantur Boyolali

0 2.113

Tari Jlantur Boyolali

Ada beberapa macam tari keprajuritan yang berkembang dengan baik di kawasan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Menurut cerita seorang prajurit ahli pedang kepercayaan Pangeran Diponegoro pernah bersembunyi dari kejaran Belanda di daerah Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Prajurit tersebut bernama Ki Hajar Seloka. Prajurit ini sangat dihormati di wilayah Selo, bahkan ada yang mengaitkan nama kawasan Selo berasal dari nama prajurit tersebut.

Beberapa tari yang berkisah tentang keprajuritan yang ada di wilayah Selo adalah Tari Soreng, Tari Jlantur dan Tari Badui. Menurut riwayatnya Tari Jlantur adalah tari ciptaan Ki Hajar Seloka yang diwariskan temurun. Tari Jlantur adalah tarian asli yang berasal di kawasan Selo Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

Biasanya Tari Jlantur ini dimainkan oleh empat puluh orang penari laki Рlaki. Menurut informasi yang di dapat, tarian ini dahulu sering sekali ditampilkan. Tarian Jlantur biasanya dimainkan waktu perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang diiringi beberapa istrumen diantaranya kendang dan kempul. Namun sangat di sayangkan, sekarang Tari Jlantur sudah mulai ditinggalkan.

Hal ini mungkin dikarenakan sudah kurangnya minat orang – orang untuk melestarikan budaya Tari Jlantur. Sejarahnya, ternyata tarian ini menggambarkan perjuangan kisah Pangeran Diponegoro yang melawan para penjajah, yang dahulunya menjajah negara Indonesia.

Menurut beberapa sumber, penari Tari Jlantur selalu menggunakan ikat kepala seperti gaya Turki dengan membawa kuda tiruan serta berkacamata. Tarian ini diperuntukkan sebagai penyambutan tamu serta perayaan – perayaan penting.

 

Source Tari Jlantur Boyolali visit central java
Comments
Loading...