Tari Japin Betawi

0 707

Tari Japin Betawi

Japin Betawi merupakan tarian tradisional yang merupakan Purwarupa dari tari Zapin dari Riau. Pengubahan kata zapin menjadi japin dikarenakan kebiasaan masyarakat Betawi menyebut kata Z dengan huruf J. Tari Japin diiringi oleh musik dan lagu Betawi, yang terdiri dari alat musik gambus dan marwas. Keunikan Tari Japin Betawi ini dilihat dari kelincahan para penarinya yang melompat-lompat dan biasanya ditarikan secara berpasangan.

Salah satu tarian yang berkembang di masyarakat Betawi adalah tari Zapin Betawi, meskipun tarian ini kental dipengaruhi tari melayu dan budaya Arab tarian ini sudah menjadi bagian kebudayaan yang terintegrasi dalam masyarakat budaya Betawi. Adapun kata Zapin itu sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu zafana yang artinya bertandak atau berjoget atau menari. Tari Zapin termasuk kedalam tari pergaulan.

Dalam pertunjukannya tidak terdapat jarak antara penari dan penonton. Penonton bebas untuk tampil bebas di arena sebagai penari. Pengaruh budaya melayu pada masyarakat Betawi melahirkan berbagai produk kebudayaan, salah satunya tari Zapin Betawi. Tari Zapin terbagi dua, yaitu tari Zapin umum, yaitu tari Zapin yang berkembang di kalangan ulama dan tari Zapin Betawi yang berkembang di kalangan masyarakat Betawi yang bukan ulama.

Keunikan yang paling pokok dari tari Zapin betawi ialah tidak terlalu menekankan pada gerakan tangan, tubuh, kepala, serta gerakan di bagian badan. Gerakannya terpusat pada kaki dengan menggunakan dua pola langkahan, yaitu langkahan biasa dan langkahan kecil. Langkahan kaki dengan arah menyudut serta langkahan kaki yang membentuk mata panah, merupakan ciri yang paling khas. Langkahan tersebut merupakan langkahan pokok dalam Japin.

Source Tari Japin Betawi Tari Zapin Betawi (Musik Pengiring, Keunikan, Pola Gerakan Kaki)
Comments
Loading...