Tari Hadrah Jidor

0 327

Tari Hadrah Jidor

Tarian ini sangatlah tidak asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tari Hadrah Jidor merupakan  tari yang dilakukan oleh orang tua, remaja dan anak-anak. Dalam tari ini biasanya menggunakan kostum yang berwarna merah yang di padukan juga dengan warna kuning dan putih.

Selain itu di lengkapi juga degan topi yang berwarna kuning dan sepatu yang berwarna hitam dengan sabuk yang berwarna hitam.  Adapun latar belakang tarian ini ialah tarian dengan gerakan – gerakan yang di lakukan secara dinamis dan para pemukul rebana yang di lakukan secara bebas dan sesuai kemauan penabuhnya. Banyak yang menyaksikan tarian ini

Namun, sekitar pada tahun 1990 tarian ini gerakannya di selaraskan dengan gerakan yang ada di Surabaya, Gresik dan Sidoharjo. Tarian ini dilaraskan dengan tarian jidor yang membuat tarian ini semakin komplit dan bermakna.

Dan pada dasarnya tarian ini dilengkapi dengan lagu-lagu pujian kepada Tuhan dan nasehat-nasehat pada manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi petuah dan harapan bagi para masyarakat setempat. Selain itu  hadrah juga digunakan untuk pengiring prosesi upacara pernikahan maupun ritual dan adat lainnya, yang merupakan menifestasi ucapan rasa syukur pemilik hajatan.

Source Tari Hadrah Jidor wisata surabaya
Comments
Loading...