Tari Grebeg Terbang Gede : Tarian Penyambutan Bagi Tamu Agung Yang Berkunjung Ke Banten

0 315

Terbang gede merupakan salah satu kesenian tradisional Banten yang tumbuh dan berkembang pada waktu para penyebar agama islam menyebarkan ajarannya di Banten, oleh karena itu kesenian terbang gede berkembang secara pesat di lingkungan pesantren dan majid-masjid.

Tari Grebeg Terbang Gede, merupakan sebuah karya tari kreasi yang bercirikan Tradisi, yang  berpijak pada kesenian Terbang Gede dari Kota Serang,  yang dikolaborasikan dengan pencak silat khas Banten. Tarian ini  bertemakan tari Selamat Datang, sebagai bentuk  ungkapan penyambutan kehadiran tamu agung.

Kesenian ini disebut terbang gede karena salah satu instrumen musik utamanya adalah terbang besar (gede). Pada awalnya kesenian terbang gede berfungsi sebagai sarana penyebaran agama islam, namun kemudian berkembang sebagai upacara ritual seperti : ngarak panganten, ruwatan rumah, syukuran bayi, hajat bumi, dan juga hiburan.

Kesenian ini dinamakan sesuai dengan waditra yang digunakan yaitu terbang. Istilah terbang memiliki arti yang variatif di antaranya adalah terbang merupakan waditra terbuat dari kayu yang melingkar berbentuk silinder berdiameter 40-60 cm dengan tinggi 10-15 cm, bentuknya mirip rebana.

Bagian mukanya ditutup dengan kulit. Istilah terbang pun diartikan ngapung, hal tersebut dikarenakan ada anggapan sederhana bahwa karena Allah SWT, berada di langit ketujuh maka agar sampai ke sana harus terbang (iigapung).

Realisasinya disimbolkan dengan menggunakan alat musik yang dinamakan genjring besar (terbang). Maksud simbol tersebut berarti menghubungkan batiniah antara manusia dengan Allah swt yang menguasai dan menciptakan alam beserta isinya.

Source http://meandyouculture.blogspot.co.id/ http://meandyouculture.blogspot.co.id/2016/08/tari-grebeg-terbang-gede-tarian.html
Comments
Loading...