Tari Golek Menak

0 260

Tari Golek Menak

Tari Golek Menak, merupakan jenis tarian klasik, gaya Keraton Yogyakarta. Tari Golek Menak, mengandung arti menarikan Wayang Golek Menak. Wayang Golek Menak, merupakan jenis wayang yang dibuat dari bahan kayu, yang memakai busana layaknya manusia. Jenis wayang ini berkembang di Jawa Tengah bagian Barat dan Jawa Barat. Tarian ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ia terinspirasi setelah melihat pentas Wayang Golek Menak di daerah eks-Karesidenan Kedu, Jawa Tengah bagian Barat.

Dinamakan Tari Golek Menak karena tarian ini terinspirasi oleh pertunjukan Wayang Golek Menak. Sesuai dengan namanya tersebut, gerakan, alur cerita, tata busana dan tokoh pada Tari Golek Menak diwujudkan dalam Tari Golek Menak ini. Sehingga tarian ini dapat dikatakan salah satu tarian yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Menurut sejarahnya, tarian ini mulai diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1941. Untuk melaksanakan idenya itu, Sri Sultan mengajak para pakar tari dan beberapa lembaga tari di Yogyakarta. Dalam proses penciptaan tarian tersebut memakan waktu yang cukup lama, karena untuk menirukan gerakan setiap tokoh pada Wayang Golek Menak ini memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Tarian ini mulai mendapatkan bentuk kesempurnanya pada tahun 1989. Namun, sebelum Sri Sultan sempat menyaksikan hasil penyempurnaan tarian ini, beliau telah wafat terlebih dahulu.

Source Tari Golek Menak negeriku indonesia bhinika tunggal ika
Comments
Loading...